Mantap, 50 Ribu Saja Sudah Bisa Buka Rekening BCA

Mau buka tabungan atau rekening BCA dengan setoran awal 50 ribu saja ? Tanpa NPWP hanya cukup KTP.

Bisa, serius.

Ceritanya, untuk memisahkan antara uang pribadi dengan uang untuk pengembangan toko online, kemarin pagi saya memutuskan menambah satu lagi rekening di Bank BCA, namun yang baru ini atas nama istri.

Seperti saat buka rekening pertama, saya pun menyiapkan KTP dan uang untuk setoran awal sebesar Rp 500.000,-.

Catat ya, tanpa NPWP. Karena sebenarnya dari pihak BCA sendiri tidak mewajibkan kepemilikan NPWP untuk membuka rekening personal, dan dapat diganti dengan mengisi formulir pernyataan tanpa NPWP.

Cara & Syarat Membuka Rekening BCA

Seperti biasa, setelah mengantri menunggu nomor antrian. Saya dan istri pun dilayani oleh CSO BCA.

Nah, pada saat itulah saya ditawari opsi membuka tabungan dengan setoran awal hanya Rp 50.000,- saja, namanya Tahapan Xpresi.

Apa perbedaan antara Tahapan Xpresi dengan Tahapan BCA ?

Perbedaan Tahapan BCA dan Tahapan Xpresi

Ada 3 perbedaan mendasar antara 2 jenis tabungan BCA tersebut, yaitu

  1. Nilai setoran awal

  2. Seperti sudah saya tulis di awal, untuk membuka rekening tahapan Xpresi, anda cukup menyetor tabungan awal sebesar Rp 50.000,- saja. Berbeda dengan tahapan BCA yang setoran awalnya sebesar Rp 500.000,-

  3. Buku Tabungan

  4. Nasabah Tahapan Xpresi tidak memiliki buku tabungan. Artinya untuk cek mutasi saldo, wajib menggunakan internet banking, tidak bisa print out buku tabungan.

    Menurut saya hal tersebut bukan masalah, karena saya pribadi jarang menggunakan buku tabungan. Sejak awal membuka rekening, saya selalu langsung mengaktifkan layanan m-banking dan internet banking.

    Silahkan baca, cara mendapatkan key BCA untuk transfer online

  5. Kartu ATM

  6. Jika pada Tahapan BCA anda bisa memilih 3 jenis kartu, yaitu Gold, Silver, dan Platinum, di Tahapan Xpresi hanya tersedia satu kartu ATM, namun dengan banyak desain kartu yang menarik. Seperti contohnya kartu ATM Tahapan Xpresi yang saya miliki di bawah ini,

Kartu ATM Tahapan Xpresi BCA

Selain 3 perbedaan di atas, perbedaan selanjutnya rasanya lebih tepat jika saya kategorikan sebagai keunggulan Tahapan Xpresi, yaitu biaya bulanan yang lebih murah, hanya Rp 5.000,- saja potongan per bulannya.

Jelas lebih murah jika dibandingkan dengan Tahapan Gold (Rp 17.000,-/bulan), Tahapan Silver (Rp 15.000,-/bulan), dan Tahapan Platinum (Rp 20.000,-/bulan).

Jadi, sedang berencana untuk membuka tabungan di Bank BCA ? Kenapa tidak sekarang saja ?

O ya, sebenarnya ada 4 pilihan jenis rekening yang bisa anda pilih di Bank BCA, yaitu Tahapan, Tahapan Xpresi, Tapres, dan BCA Dollar.

Namun, jika yang anda butuhkan adalah rekening yang simple, dengan setoran awal dan potongan bulanan yang murah, maka saran saya buka saja rekening BCA Tahapan Xpresi.
Semoga pengalaman saya ini bermanfaat.